Wednesday, September 24, 2008

Infrastruktur dan Kondisi Lalin Jalan Raya Ibukota dsk

Sebenernya aslinya saya males ngomongin soal infrastruktur jalan dan kondisi lalin-nya yang amit-amit jabang baby. Saya masih inget ketika jakarta dsk dilanda banjir besar hari jumat bulan feb kemarin. Saya berangkat dengan style amphibi: jas hujan kalep tebal, 2 pasang sarung tangan untuk spare sorenya, 2 pasang sepatu dan salah satunya sepatu safety yang menutup mata kaki. dalam kondisi hujan deras sekalipun, biasanya baju hanya sedikit sekali basahnya.

Jalan di sekitar kranji begitu rusaknya dan tentu saja udah banjir serta macet. Semua sebetulnya fine-fine aja sampe ada Suzuki APV lewat dengan begitu kencang dan airnya nyiprat kemana-mana. Walhasil masuk ke sepatu dan basah kuyup sampe kaoskakinya. Salah saya, nggak pake boots, Tapi saya butuh sepatu safety dan sepatu rapi buat meeting, gak mungkin saya bawa 3 pasang sepatu sekaligus. Sandal? well, sandal kan haram hukumnya buat naik motor, bahaya.

Apa hubungannya sama males ngomongin kondisi jalan? Bayangkan anda berada pada posisi saya dan coba cerita ke beberapa orang, pasti ketemunya cuman dua tipe. Yang pertama yang sering sekubu dengan saya: ngamuk-ngamuk sama pemerintah yang gak pernah ngaspal jalan dan rasanya pingin sembelih semua maling aspal dan begundal jalanan itu pake pisau karatan. Yang kedua ketemu dengan orang sabar, " Yah sabar aja bro memang jalan dimana-mana rusak. Positif tingkring aja, sapa tau APV itu buru-buru karena mau melahirkan." Well, saya paham dan saya masih samar-samar inget tampaknya bapak-bapak berkumis yang sedang nyetir APV itu memang sedang hamil 9 bulan dan ketubannya udah pecah banjir di karpet mobil. Ok, saya ikhlas kok dia begitu daripada bayinya keracunan ketuban.

2 bulan yang lalu kondisi jalan yang setiap hari saya lalui, rusak di hampir semua ruas. Jati Makmur - Caman - Kalimalang - Bekasi Barat - Bekasi Timur - Cibitung - Cikarang nggak ada yang utuh. Sekarang kondisinya tambah rusak, kadang2 sampe pingin nangis kalo lewat. Macet, semrawut, lubang segede gaban, tergenang (ruas Kranji) dan -mostly- motor dan mobil yang pengemudinya sedang ketempelan demit. Ok deh, kalo pinggiran mungkin bisa dimaklumi, lha ini protokol (atau prothol pol?) dan ruas pendukungnya juga podo wae. Semua ruas protokol mulus? oh please, you kidding me. Huuu, pingin nyembelih rasanya kalo ketemu lobang gede2. I can stand traffic jam dan ditambah panas sekalipun, still I can stand for it. Tapi plis jangan ditambah jalan rusak dan semrawut saling sikut dong. Kadang sampe saking keselnya, saya sampe misuh2 jelek (bener2 jelek), kalo seandainya nanti di neraka saya nggak ketemu sama yang sering nyunat aspal saya adalah orang pertama yang akan protes ke tuhan kenapa orang tersebut belum keliatan. Saya tau saya misuh2nya keterlaluan, tapi jelek2 saya kan punya npwp, bayar pajak, kalo ada duit kadang jajan di warung kupi atau fud kourt (baca: bayar pajak).

Bagi yang pernah melintas di kawasan industri, pasti ngiri deh sama infrastruktur di dalem. MM2100 Cibitung misalnya, jalan super lebar, mulus anti bopeng. Kalo hobi ugal-ugalan silakan naik motor nikung miring, dijamin ban masih ngegrip, foot step udah kena aspal duluan. Saya kadang melihat, banyak orang bener-bener jadi kaum komuter dan kebanyakan jarak jauh sebetulnya fine-fine aja selama jalanan mulus kok. Semacet-macetnya minimal nggak keganggu sama grudak-grudak karena masuk lobang. Naik motor/mobil sama saja kalo jalan udah bopeng, beda di ac doang. Kapan ya bisa ngrasain ruas jalan semulus aspal2 di kawasan industri ? Apa kudu nunggu jalannya di jual ke swasta? Hu hu hu..., this condition is bener2 kebangeten beyond belief...


Note: muncul perdana 04 April 2008 di www.jalanraya.net

5 comments:

Unknown said...

turut prihatin dan berduka ... sebagai wong cilik, kaum komuter dan juga rider (adem bener), saya ikut merasakan kepedihan yang dirasakan suhu. sampe nggak tahu mesti ngomong apa .... (mata berkaca-kaca)

gorboman said...

Itulah sebabnya saya jadi sering bawa motor alon2 sekarang ini. Kalo dipikir2, saya kalo jalan pake motor seringnya ketemu max speed itu cuma 60 kpj doang. Ini membuat saya berpikir, jangan2 motor2 di luar (baca: negara maju) banyak punya varian 50 cc karena ya memang speed rata2 pengendara roda dua itu ya segitu yang aman.

Hmm.. Kalo gitu boleh lah ntar Kawak 50cc nya dibeli, om panda. =))

octafiantos@everywhere said...

@suhu roda2
ikut nangis juga, untungnya sudah mulai diperbaiki satu2.

@meneer gorbo
begitulah, 60kpj dengan plus minus 20% mungkin adalah bilangan yang tepat. bukan kawak meneer, minerva II-50 =))

Jess said...

pisau karatan dude? hilarious, i gotta say

jahkarta said...

thanks for that. I'm at sharehouse.wordpress.com . . .